Categorías

Belajar Membuat Nasi Goreng Sendiri

by • agosto 6, 2017 • Sin comentarios

Saya sering membeli nasi goreng gerobakan. Saking seringnya, saya sering bertanya bumbu apa saja yang dipakai untuk membuat nasi goreng tersebut. Setelah beberapa lama, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat nasi goreng sendiri. Saya menyadari ini adalah nasi goreng pertama saya, hasilnya mungkin kurang maksimal.

Yang pertama saya lakukan adalah membuat adonan bumbu. Ke dalam ulekan saya masukan empat buah cabe merah, setengah sendok garam, dua buah bawang merah. Bumbunya sederhana saja. Semuanya itu saya ulek sampai lembut. Kemudian saya mulai memanaskan minyak goreng. Minyak goreng yang saya panaskan secukupnya saja. Sebelumnya saya sudah menyiapkan nasi yang agak keras sisa kemarin.

Setelah minyak goreng masak, saya mulai menasukkan adonan bumbu ke dalam penggorengan. Saya aduk sampai tercium wangi harum. Kemudian saya masukkan sepiring nasi kering yang sudah disiapkan sebelumnya. Saya aduk terus sampai rata. Kemudian saya tambahkan sedikit vetsin untuk membuat gurih rasanya.

Tidak lama kemudian saya mulai menambahkan sejumlah kecap sambil terus mengaduk nasi di penggorengan. Kecap terus ditambahkan sampai warna nasi agak coklat merata ke seluruh nasi. Sekitar sepuluh menit, nasi telah matang. Saya segera mengangkat nasi dari penggorengan.

Selanjutnya saya mulai memanaskan minyak goreng lagi secukupnya. Kali ini saya akan membuat telur mata sapi. Membuatnya sederhana saja, tinggal menjatuhkan telur ke penggorengan dan tunggu lima menit sambil membolak balik telur maka matanglah telur mata sapi saya. Kini telah siap nasi goreng lengkap dengan telurnya dan siap untuk disantap.


Últimos posts